Minum Kopi Kurangi Risiko Kematian Dini

Ilustrasi

Ilustrasi


JURNAL123, SPANYOL.
Suntikan kafein dari secangkir kopi di pagi hari memang mampu meningkatkan semangat dan menambah energi sebelum mulai bekerja. Namun, ada manfaat tersembunyi lain dari konsumsi kopi Anda setiap hari, yaitu dapat memangkas risiko kematian dini.

Menurut sebuah studi besar yang melibatkan 20 ribu pria dan wanita paruh baya, meminum empat cangkir kopi setiap hari dapat memberikan efek luar biasa ini.

Dilansir dari laman The Independent, sejumlah peneliti di Hospital de Navarra di Spanyol menemukan bahwa partisipan dalam penelitian yang minum kopi rutin memiliki angka kematian hampir 2/3 lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi.

Pada awal penelitian, semua partisipan memberikan informasi lengkap mengenai gaya hidup, riwayat kesehatan, dan kebiasaan makan mereka, termasuk konsumsi kopi. Sekitar satu dari 60 partisipan meninggal dunia selama masa penelitian, dan mereka yang meminum kopi rutin memiliki angka kematian yang rendah.

Kaitan antara konsumsi kopi dan menurunnya angka mortalitas, secara khusus menonjol di antara kelompok usia lebih tua.
“Saya akan menyarankan untuk meminum banyak kopi, ini baik bagi jantung Anda. Saya rasa ini adalah ide yang baik untuk meminum empat cangkir sehari,” kata peneliti utama Dr Adela Navarro.

Navarro melanjutkan, efek ini seperti polifenol (semacam antioksidan), yang memiliki efek antiperadangan.

Hasil penelitian ini menambah penelitian sebelumnya yang telah menemukan manfaat potensial dari kopi. Salah satunya mengindikasikan bahwa kopi bisa meningkatkan fungsi liver, sedangkan penelitian lain menunjukkan kopi dapat meningkatkan sistem imun.
Sebuah penelitia Amerika Serikat menemukan bahwa tiga cangkir kopi sehari bisa secara signifikan menambah usia hidup. Meski demikian, British Heart Foundation mengingatkan bahwa cara terbaik untuk meminimalisir risiko penyakit kardiovaskular dan kematian prematur adalah dengan berkonsentrasi pada keseluruhan gaya hidup yang sehat.

Gaya hidup sehat tersebut, seperti pola makan seimbang, terus aktif, dan tidak merokok, dibandingkan hanya bergantung pada secangkir kopi.(VIN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>