Peradaban Prasejarah Ditemukan di Gunung Kidul

Candi Perwara

Candi Perwara

Candi Perwara


YOGYAKARTA, JURNAL123.
Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta merencanakan melakukan ekskavasi di beberapa kecamatan di daerah Gunungkidul pada tahun ini. Sejumlah benda-benda jejak peradaban prasejarah di temukan di daerah itu.

“Tahun ini selain pemugaran Candi Perwara, kita juga merencanakan akan melakukan ekskavasi di beberapa lokasi di daerah Gunungkidul,” ujar Wahyu Astuti, Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Yogyakarta, Sabtu (10/01/2014).

Ia menuturkan, sejumlah benda yang diduga berasal dari masa prasejarah ditemukan di daerah itu seperti alat keseharian, kubur kuno, tulang manusia maupun keperluan religi. Benda-benda itu ditemukan antara lain di Kecamatan Playen, Semanu, Karangmojo dan kecamatan Nglipar.

“Bermacam-macam, ditemukan peti kubur batu, tulang, bekal kubur dan alat-alat sehari-hari,” kata dia.

Ekskavasi juga akan dilakukan di Gua Braholo, Kecamatan Krongkop, Kabupaten Gunungkidul. Ditemukan bukti, gua kars itu pernah menjadi hunian manusia prasejarah.

“Di sana (Gua Braholo) juga ditemukan tulang manusia,” tuturnya.

Tahun ini BPCB Yogyakarta akan fokus di Gunungkidul. Ekskavasi di beberapa tempat akan dihentikan untuk sementara waktu.

“Seperti ekskavasi di Candi Tinjon sementara akan dihentikan. Tetapi kita tetap punya juru pelihara di beberapa lokasi temuan untuk menjaga,” ujar dia.(KOM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>