Jumat, Maret 29, 2024
spot_img
BerandaOlahragaManfaat Olahraga Menyelam Bagi Kesehatan

Manfaat Olahraga Menyelam Bagi Kesehatan

diving
OLAHRAGA, JURNAL123.
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki panorama bawah laut yang cantik. Surga bawah laut kekayaan alam Nusantara ini juga sudah mendunia pamornya. Diving atau menyelam adalah cara paling tepat untuk menikmatinya. Olahraga menyelam, selain untuk melepaskan beban pikiran melalui pemandangan indah dunia bawah laut ternyata juga memiliki banyak manfaat lainnya. Sebagian di antaranya yakni:

Menyehatkan paru-paru

Selama menyelam udara akan dihirup sebanyak mungkin secara konstan. Hal ini akan melatih otot paru-paru dan membuat organ paru menjadi sehat.

Melatih kelenturan dan kekuatan otot

Seperti halnya dengan olahraga renang, saat menyelam seluruh otot tubuh akan bergerak. Otot-otot ini akan bekerja dengan konstan tanpa gerakan menghentak. Walau tak merasa lelah karena tubuh terbantu daya apung dari air, kelenturan dan kekuatan otot akan terlatih dengan baik.

Mencegah serangan jantung dan stroke

Sebuah penelitian membeberkan hasilnya yakni orang yang menyelam secara rutin nyaris tak pernah terkena serangan jantung dan stroke. Hal ini disebabkan karena sirkulasi darah dan sistem pernafasan yang baik dan terlatih saat menyelam.

Melatih konsentrasi

Secara tak disadari, kemampuan berkonsentrasi dan memusatkan fokus akan terlatih dengan kegiatan menyelam. Mengapa demikian? Ketika menyelam, tentu keseimbangan harus terus dijaga dengan mengkoordinasikan gerak kaki dan tangan. Selain itu juga para penyelam selalu berhati-hati dalam bergerak agar tak merusak karang dan mengganggu kehidupan bawah laut. (TUR)

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

Most Popular

Recent Comments